Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum


Kita ketemu lagi dengan ramuangaptek.blogspot.com. Sambil nemenin kalian yang tidak ngapel, kali ini ramuangaptek.blogspot.com akan memberikan sedikit informasi tentang jaringan komputer.

Apa itu jaringan komputer?

Peranan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Berbagai kegiatan bisnis di berbagai bidang industri sekarang ini banyak dilakukan dengan bantuan komputer. Oleh karena itu, kebutuhan pengolahan data serta informasi dalam sebuah organisasi bisnis terkadang dibutuhkan beberapa komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Demi kelancaran dan efisiensi, untuk pengolahan data serta informasi dari komputer satu ke komputer yang lainnya, maka komputer-komputer tersebut kemudian dihubungkan antara satu dengan yang lainnya. Kumpulan komputer yang terhubung antara komputer satu dengan komputer yang lain disebut dengan jaringan komputer.

Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer (server) dan beberapa komputer lain (klien). Sesuai dengan namanya, komputer server berguna untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari berbagai komputer yang ada dalam jaringan. Dengan kata lain, komputer server bekerja untuk mengatur aliran data dalam jaringan. Disamping itu, komputer server juga dapat berfungsi sebagai penyedia resource yang dibutuhkan oleh komputer-komputer klien. Resource tersebut dapat berupa data, program file, dan lain sebagainya. Adapun, komputer klien adalah komputer yang menerima pelayanan dari komputer server.

Apabila jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server dapat berfungsi sebagai gateway, artinya bahwa komputer server berperan sebagai gerbang atau jalur yang digunakan oleh komputer klien untuk mengakses internet.

Manfaat jaringan komputer

Salah satu manfaat jaringan komputer yang perlu sobat ketahui, diantaranya:
  1. Membagi sumber daya Artinya bahwa jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, data, file maupun program.
  2. Reabilitas tinggi. Artinya bahwa jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk menyalin data ke dalam dua atau tiga komputer sekaligus. Dengan demikian, apabila ada salah satu komputer yang rusak dan data yang disimpan di dalamnya hilang, pengguna masih daapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain.
  3. Menghemat uang. Dengan menggunakan jaringan, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer.
  4. Sebagai sarana komunikasi. Artinya bahwa jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi untuk berkomunikasi. Untuk memberikan pengumuman rapat misalnya, seorang pimpinan tidak harus mengirimkan surat kepada semua stafnya. Cukup dengan mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.
Mungkin sekian dulu pembahasan untuk postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Kita ketemu lagi pada postingan selanjutnya!

Wassalamu'alaikum

0 Response to "Jaringan Komputer"

Post a Comment