Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Untuk postingan kali ini, admin akan menjelaskan jenis-jenis hardware komputer sebagai ilmu tambahan materi dalam blog ini. 
Cekidot.....!!!!

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Hardware adalah perangkat-perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dengan kasat mata, sedangkan software sendiri adalah perangkat yang berupa program-program yang berada di dalam komputer.

Inilah beberapa jenis hardware komputer
  1. Processor,  merupakan pusat pengolahan data dan pengontrol komputer, dengan kata lain processor adalah otaknya komputer. Bila processor tidak dapat melakukan pengolahan data dengan cepat dan baik, maka kerja komputer akan terasa lambat dan tidak akurat. Sedangkan, jika processor tidak dapat melakukan pengontrolan kerja komputer dengan baik, pekerjaan yang sedang dilakukan komputer tidak akan berjalan dengan baik dan komputer akan mengalami hang. Processor terdiri dari dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya, yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) dan Control Unit (CU). ALU berfungsi sebagai pusat pengolah data, seperti perhitungan matematika, sedangkan CU berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer. Saat ini, processor yang beredar di pasaran didominasi oleh produksi perusahaan Intel dan AMD (Advanced Micro Device). 

  2. Memori, adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat berupa perintah mauoun data. Memori itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu 1) Random Access Memory (RAM), yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah komputer dijalankan. Perintah dan data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukan ke dalam alat input komputer dan data hasil pemrosesan program. 2) Read Only Memory (ROM), yang digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap, misalnya perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama kali dihidupkan. 
  3. Harddisk, adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. 
  4. CD ROM/ DVD ROM, adalah perangkat penyimpanan untuk kepingan CD.  
  5. Motherboard atau Mainboard, adalah perangkan komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat komputer yang lain, seperti processor, memori, VGA card, sound card dan LAN card melekat. Motherboard bisa juga dianalogikan sebagai terminal untuk perangkat keras komputer, yang artinya bahwa selain menjadi tempat melekatnya perangkat keras komputer juga berfungsi sebagai jalur penghubung yang memungkinkan perangkat-perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. 
  6. VGA Card, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. Secara fisik VGA card merupakan kartu elektronik yang dipasangkan pada slot motherboard. 
  7. Sound Card, adalah hardware yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan sebaliknya mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Sound card memungkinkan data suara di komputer dapat didengar melalui speaker yang dihubungkan ke komputer.  
  8. Kartu Jaringan (LAN Card), adalah perangkat untuk menghubungkan antar komputer dalam sebuah jaringan komputer. 
  9. Power Supply (PSU), adalah perangkat keras berupa kotak yang isinya merupakan kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Perangkat keras ini biasanya terpasang di bagian belakang (di dalam) casing komputer. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
    Power Supply berfungsi sebagai penyuplai tegangan listrik langsung kepada komponen-komponen yang berada di dalam casing komputer. Power Supply juga berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, karena perangkat keras komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC.
  10. Perangkat Input, diantaranya keyboard, mouse, touchpad, pointing stick, joystick, dll.
  11. Perangkat Output, diantaranya mikrofon, webcam, monitor, LCD projector, printer, dll.

0 Response to "Perangkat Keras Komputer (Hardware)"

Post a Comment