Jenis-jenis Komputer


Pada pertemuan kemarin, admin sudah memberikan penjelasan tentang arti dan sejarah perkembangan komputer. Nah, sekarang kita akan belajar ke tahap selanjutnya yaitu tutorial tentang pengelompokkan komputer. He....
Oke gan, kita langsung aja ke TKP....!!!

Pada dasarnya komputer mempunyai ukuran, kecepatan dan kemampuan yang berbeda. Berdasarkan kriteria tersebut, secara garis besarnya komputer dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu:
1. Komputer pribadi (Personal Computer/ PC)
2. Superkomputer dan Mainframe
3. Dedicated computer
4. Embedded computer

Komputer Pribadi (Personal Computer/ PC)
PC mempunyai ukuran yang bermacam-macan, namun bila dibandingkan dengan mainframe PC mempunyai ukuran yang sangat kecil. Ukuran terbesar dari sebuah PC masih bisa ditempatkan di atas meja tulis atau kantor biasa.
PC banyak digunakan sebagai alat bantu pekerjaan di kantor-kantor, lembaga pendidikan, maupun di rumah. Fungsinya pun bermacam-macam, mulai dari penggunaan untuk melayani pelanggan, membuat dokumen, mengolah data bisnis, mengelola data riset, melakukan simulasi penelitian, hingga hiburan.
Superkomputer dan Mainframe
Superkomputer merupakan komputer yang paling cepat dan paling mahal. Untuk itu, superkomputer dilengkapi dengan banyak prosesor hingga mempunyai kemampuan untuk melakukan proses operasi yang sangat kompleks.
Superkomputer dibuat untuk mendesain dan mensimulasikan pesawat terbang, meramalkan cuaca, mensimulasikan genetika, dll.
Mainframe adalah komputer besar yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melayani banyak pengguna sekaligus secara bersamaan. Mainframe umumnya digunakan di organisasi-organisasi besar, seperti rumah sakit, universitas, lembaga pemerintah, dll.
Berbeda dengan superkomputer, mainframe didesain agar dapat mengolah data dalam jumlah yang besar, melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan dan melayani banyak pengguna sekaligus.

Dedicated Computer
Dedicated computer Adalah komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu saja, misalnya video game. Video game dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari yang terkecil yang dapat dipegang oleh tangan maupun ukuran besar yang harus diletakkan di rumah dengan ukuran sebesar televisi.

Embedded Computer
Embedded computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan pada peralatan yang membutuhkan pengendalian otomatis, seperti telepon, mobil, pesawat terbang, satelit, dll. Embedded computer juga biasa ditempatkan untuk mengendalikan gerakan robot-robot yang digunakan di industri.


0 Response to "Jenis-jenis Komputer"

Post a Comment