Internet dan Aplikasi Internet

Apakah internet itu?

Mungkin sobat juga tahu bahwa Internet merupakan kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan baik melalui kabel maupun nirkabel. Dengan kata lain, internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer secara global (mendunia). Dikarenakan cakupan jaringannya global seperti yang agan tahu, maka internet dapat menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Oleh karena itu internet sering juga disebut Interconnection Networking, he he.....

Perlu kita ketahui bahwa Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa, Artinya sob, bahwa semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Internet juga dapat diumpamakan sebagai dunia yang bebas untuk dimasuki tanpa harus terikat oleh peraturan-peraturan negara tertentu serta tanpa batas wilayah teritorial negara tertentu.

Ada dua peranan internet yang sangat penting yang perlu kita ketahui, yaitu sebagai sumber data dan informasi yang artinya bahwa sobat dapat mengakses informasi apapun di internet, juga sebagai sarana komunikasi data dan informasi, artinya bahwa sobat dapat bertukar informasi data tanpa batas waktu dan tempat.

Layanan/ aplikasi apa saja yang ada di internet?

Seperti yang kita ketahui, sekarang banyak sekali aplikasi internet yang tersedia dan akan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Oke.., dari sekian banyak aplikasi internet yang ada, kali ini admin akan mengupas sedikit aplikasi yang sering kita gunakan di dunia maya ini, diantaranya:
  1. World Wide Web (www), merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai dan merupakan aplikasi paling penting. Dengan adanya si "www" ini, kita dapat bertukar informasi data dalam bentuk dokumen khusus yang disebut dengan format hypertext atau hypermedia.
  2. Surat Elektronik (Electronic Mail), atau yang lebih sering kita kenal sebagai email, adalah aplikasi internet sebagai sarana surat menyurat dalam bentuk elektronik.
  3. Mailing List, atau biasa juga disebut "Milis" adalah aplikasi internet yang dipakai sebagai sarana  diskusi dan bertukar informasi dalam satu kelompok tertentu melalui email.
  4. Newsgroup, yang sering juga dianggap sebagai bulletin board merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar "browser" dalam sebuah forum. Dengan kata lain bahwa dengan si "newsgroup" ini, setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain dengan syarat bahwa dia harus tergabung dalam sebuah kelompok/ forum tertentu.
  5. Internet Relay Chat, atau yang sobat biasa sebut "IRC" merupakan aplikasi internet yang biasa digunakan untuk berbincang-bincang (chat) lewat internet/ chatting. 
  6. File Transfer Protocol, atau "FTP" merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file data ke atau dari komputer lain. Apabila sobat suka upload dan download, aplikasi inilah yang digunakan.
  7. Telnet, merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai remot komputer. Jadi kita bisa mengakses komputer yang letaknya jauh.
  8. Gopher, adalah aplikasi yang difungsikan sebagai pencari informasi yang ada di internet namun informasi tersebut terbatas pada informasi teks.
  9. Packet Internet Gopher, atau yang biasa sobat sebut "ping" adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang sedang digunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet atau tidak.
  10. Voice over Internet Protocol, lebih dikenal sebagai "VoIP" adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara bisa dikirimkan melalui internet.
Sekian dulu untuk postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk sobat sekalian.
Terima kasih dan sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya...!

0 Response to "Internet dan Aplikasi Internet"

Post a Comment