Data Jaringan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ketemu lagi sob dengan dengan ramuangaptek.blogspot.com!
Kali ini kita akan membahas tentang pengertian data jaringan serta kemanan data dalam suatu jaringan.

Oke, kita langsung saja ke TKP :) :) :)

Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua buah komputer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan.

Komunikasi data antar komputer dapat diibaratkan dengan mengirimkan surat atau paket ke tempat yang jauh. ketika mengirimkan surat, sobat harus menuliskan nama dan alamat yang jelas. Sobat tentunya tidak menginginkan kalau surat atau paket yang sobat kirim tiba di alamat yang salah. Dalam konteks ini, komunikasi data diibaratkan sebagai hubungan antar komputer dengan menggunakan bahasa tersendiri. Perlu sobat ketahui bahwa bahasa dalam komunikasi komputer tersebut dinamakan sebagai protokol. Protokol adalah aturan yang membuat antar komputer saling mengerti satu sama lain (kayak orang pacaran aja ya, cie cie cie). Seperti hal nya seseorang yang dapat berkomunikasi dengan orang lain mengunakan bahasa (bahasa indonesia, bahasa sunda, bahasa batak, dll), maka komputer juga dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa komputer (protokol). Komputer dapat berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya apabila menggunakan protokol yang sama, dan protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data antar komputer adalah Transmission Control Protokol (TCP)/ Internet Protocol (IP). TCP/ IP mempunyai pengertian sebagai kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. TCP/ IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengkomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dengan sistem operasi yang berbeda pula. Jadi dengan kata lain bahwa TCP/ IP dapat mengkomunikasikan dua buah komputer yang menggunakan OS Windows dengan OS Linux.

Kemanan Data dalam Jaringan

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam pengiriman data melalui jaringan internet merupakan data-data penting dan dikarenakan internet merupakan jaringan komputer yang cakupannya luas (global), maka tidak menutup kemungkinan dalam pengiriman data tersebut akan mengundang pihak lain untuk mencuri atau pun merusak data yang kita kirim demi keuntungan pribadinya.
Sobat perlu menyadari bahwa transaksi yang dilakukan di internet seperti internet banking, belanja online, dll dikirimkan dari komputer pengguna ke komputer server penyedia layanan. Sebelum sampai ke komputer server penyedia layanan, data yang dikirimkan akan melewati komputer-komputer yang ada di jaringan internet. Pada saat melewati jaringan internet, data yang dikirimkan akan rawan terhadap penyadapan. 
Ada dua bentuk serangan terhadap data yang disimpan pada jaringan internet, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah istilah yang biasa disebutkan dalam proses memasuki jaringan komputer secara ilegal dengan maksud untuk mencuri data. Sedangkan cracking adalah istilah yang disebutkan untuk proses memasuki suatu jaringan komputer secara ilegal dengan maksud untuk menghancurkan atau merubah data aslinya.
Sekarang pencurian data di internet bukan lagi hal yang jarang ditemui, karena prose hacking dan cracking untuk saat ini merupakan hal yang umum biasa disebut dengan ciber crime. 
Oh ya hampir lupa. Untuk seseorang yang biasa melakukan hacking disebut hacker dan bagi seseorang yang biasa melakukan cracking disebut cracker.

Demikian pembahasan kita kali ini, mohon maaf apabila ada kekurangan.
Ditunggu saran dan kritiknya.

Wabillahitaufiq walhidayah, Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

0 Response to "Data Jaringan"

Post a Comment